5 Cara Facebook Menghancurkan Hidupmu

facebook

Dengan jumlah pengguna mencapai 2 miliar di seluruh dunia, facebook saat ini masih menjadi media sosial yang paling populer.
Di Indonesia sendiri penggunanya sudah mencapai 100 juta lebih. Menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan pengakses facebook terbanyak. Jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah kedepannya.
Semakin populernya facebook tersebut, dampak apakah yang facebook berikan bagi kehidupan manusia? Apakah menjadikannya lebih baik atau malah sebaliknya?
Tidak ada data yang pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut, tapi kita bisa melihat sendiri dampaknya di sekeliling kita.
Saya pribadi sudah menggunakan facebook hampir 7 Tahun lamanya. Banyak hal yang saya dapatkan dari facebook, dari hal positif sampai negatif.
Dampak positifnya sudah jelas, bisa berkomunikasi dengan orang-orang jauh, bisa mencari teman yang lama tidak ketemu, bahkan bisa juga dipakai sebagai tempat jualan.
Untuk dampak negatifnya jujur tidak terlalu terasa, khususnya ketika baru pertama menggunakan facebook.
Setelah cukup lama menggunakan facebook baru terasa banyak hal-hal negatif yang saya rasakan.
Dampak tersebut juga saya lihat dari orang-orang terdekat saya yang mulai aktif menggunakan facebook, banyak yang berubah dari mereka.
Apa saja yang berubah? di bawah adalah beberapa dampak negatif facebook bagi penggunanya menurut pengalaman dan juga pengamatan saya :

1. Membuat Ketagian dan Sulit Dihentikan

 ketagihan facebook 
Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau facebook sebenarnya sama seperti Narkoba, bisa membuat ketagihan dan sulit untuk dihentikan.
Facebook memang sengaja dibuat supaya penggunanya menjadi ketagihan. Alasannya karena penghasilan utama facebook adalah dari iklan.
Semakin lama seorang mengakses facebook, semakin banyak pula iklan yang dilihat. Semakin banyak iklan yang dilihat, semakin banyak uang yang facebook dapatkan.
Bagi facebook sendiri tentunya menjadi keuntungan besar, karena uang mereka menjadi semakin banyak, tapi bagi penggunanya, apakah ada manfaat yang didapatkan dari berlama-lama mengakses facebook?

2. Membuang Waktu Berharga
facebook makan waktu
Bukan maanfaat yang kita dapatkan, dari ketagihan facebook tersebut justru dapat merugikan kita sendiri.
Salah satu kerugiannya adalah waktu berharga kita menjadi terbuang sia-sia hanya untuk berlama-lama di facebook tanpa maksud dan tujuan yang jelas.
Waktu yang seharusnya digunakan untuk hal-hal produktif malah dihabiskan hanya untuk sekedar baca status, like status, komen status, stalking facebook orang, dll.

3. Menimbulkan Rasa Depresi
facebook rendah diri 

 Pengguna facebook umumnya hanya menampilkan sisi baik dari kehidupannya dan menyembunyikan sisi jeleknya di facebook. Hal tersebut membentuk keyakinan di dalam benak pengguna kalau teman-teman mereka di facebook memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan lebih indah.
Contohnya pengguna facebook yang jomblo. Ketika mereka melihat pasangan yang meng-upload foto mesra di facebook, mereka langsung merasa depresi berat dan merasa menjadi jomblo paling ngenes di dunia. Padahal sebenarnya di luar sana banyak sekali jomblo-jomblo bahagia, hanya saja mereka tidak menghabiskan waktunya di facebook.

4. Menjadi Narsis dan Suka Pamer
 ego pengguna facebook

 Dari rasa depresi tersebut mulailah muncul sifat narsis dan suka pamer dari para pengguna facebook.
Mereka mulai senang memposting segala aspek dari kehidupannya di facebook. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semuanya mereka dokumentasikan di facebook.
Tidak lupa setiap mereka membeli barang-barang baru mereka langsung mempostingnya di facebook.
Sifat ini muncul karena mereka ingin mendapatkan pengakuan bahwa kehidupannya juga bahagia dan indah seperti teman-temannya di facebook.

5. Menurunkan Kemampuan Berkomunikasi
 anti-social
Ketika pengguna facebook sudah mulai kecanduan, mereka menjadi malas bersosialisasi di dunia nyata. Akibatnya kemampuan berkomunikasi mereka menjadi berkurang.
Hal ini cukup mengkhawatirkan, khususnya bagi pengguna facebook usia anak dan remaja. Waktu yang seharusnya dipakai untuk belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak dihabiskan bersama teman-teman di facebook yang biasanya hanya membahas sesuatu yang tidak penting.

Terus harus bagaimana?
Facebook sebenarnya tidaklah buruk, yang membuatnya buruk adalah bagaimana cara kita menggunakannya. Banyak kok manfaat yang bisa didapatkan dari facebook selama kita menggunakannya dengan cara yang benar.
Dampak buruk yang sudah saya tulis di atas hanya akan terjadi jika kita menggunakan facebook secara berlebihan tanpa maksud dan tujuan yang jelas.

Tidak ada komentar: