Labewa Geliatkan Kreatifitas Pengrajin Muda Pap


Hasil gambar untuk Labewa Geliatkan Kreatifitas Pengrajin Muda Papua
Wamena yang terkenal dengan lembah Baliem dan kota dingin, ternyata memiliki tokoh-tokoh muda yang begitu peduli dengan perkembangan kota tersebut, beserta sumber daya manusianya. Salah satunya adalah organisasi pemuda daerah bernama Labewa (Lahir Besar Wamena) yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Beberapa waktu lalu saat pelaksanaan pelantikan pengurus Labewa tahun 2017-2020, Jim Roberzoin Tebay yang merupakan ketua umum Labewa mengatakan bahwa, saat ini Labewa sedang memfokuskan program pengembangan kreaktivitas kepada para anggotanya yang berdomisili di Papua, dalam hal menciptakan berbagai kerajinan lokal Papua yang memiliki keunikan dan nilai jual tinggi di pasar.
Berbagai produk yang nantinya dikembangkan adalah tas Noken, gelang khas Wamena, kaos, topi, dan berbagai kerajinan lainnya.
 Nantinya, hasil dari pengembangan kreatifitas dan penjualan produk, digunakan oleh para pengrajin muda tersebut untuk membiayai pendidikannya secara mandiri.
Perekonomian di kota Wamena biasanya cukup meningkat drastis pada setiap bulan Agustus, mengingat pada bulan tersebut, Dinas Pariwisata kabupaten Jayawijaya menggelar Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) secara rutin setiap tahunnya.
Secara garis besar, FBLB adalah festival yang mempertunjukkan berbagai atraksi seni dan budaya lokal. Salah satu pertujukan yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan adalah atraksi perang-perangan yang begitu seru, unik, dan menegangkan.
Dalam rangkaian acara FBLB, terdapat pula lomba lempar Sege dan panahan yang diperuntukkan bagi wisatawan asing, demi memberikan mereka pengalaman secara langsung dalam perjalanan mengenal kebudayaan masyarakat suku Dani di lembah Baliem. Biasanya, para wisatawan yang datang secara khusus untuk mengikuti Festival Budaya Lembah Baliem adalah wisatawan mancanegara.
Biasanya festival ini digelar selama tiga hari berturut-turut, dengan rangkaian acara yang tidak akan pernah dilupakan oleh para wisatawan. Ingin kembali lagi di tahun yang akan datang adalah impian mereka.
Momen-momen tahunan inilah yang akan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dengan berbagai barang yang dijajalkan kepada para wisatawan domestik maupun mancanegara, termasuk ragam kerajinan masyarakat lokal Wamena yang tidak akan Kamu temukan di tempat lain.
Labewa telah mengambil langkah yang sangat tepat untuk program jangka panjang mereka. Selain untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para anggotanya, hal ini tentu akan semakin memperkenalkan kerajinan lokal Wamena melalui berbagai strategi pemasaran yang lebih segar dan bergaya anak muda, tentunya dengan didukung oleh berbagai fasilitas teknologi informasi yang sangat mudah diakses saat ini seperti marketplace dan media jual beli online lainnya.

Sumber : https://lensatimur.com


Tidak ada komentar: